Apresiasi Musik - Analisis Komposisi Musik "String Quartet In E Flat, Op. 33, No. 2 ‘The Joke’ Movement IV" karya Franz Joseph Haydn

Author: DoddyPermana /

Disusun Oleh :
Doddy Permana



Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang memberikan bimbingan dan pertolongannya sehingga dalam penulisan Makalah ini bisa berjalan dengan lancar.
Penulisan Makalah ini dimaksudkan oleh penulis untuk memenuhi salah satu persyaratan untuk mengisi nilai Ujian Akhir Semester mata kuliah Apresiasi Musik I. Di samping itu, Makalah ini juga berfungsi sebagai penambah wawasan khususnya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca dalam kaitannya dengan topik “Analisis Komposisi Musik String Quartet In E Flat, Op. 33, No. 2 ‘The Joke’ Movement IV karya Franz Joseph Haydn”.
Tidak lupa kami ucapkan terima kasih atas kontribusi berbagai pihak yaitu:
  1. Bapak Djaelani, M.S.n selaku dosen mata kuliah Apresiasi Musik I
  2. Orang tua dan teman-teman saya yang telah memberi dorongan, baik secara moril maupun materiil sehingga saya dapat menyalesaikan Makalah ini.
  3. Dan semua pihak terkait yang mendukung penyelesaian Makalah ini.
Dalam penyusunan Makalah ini, penulis menyadari akan segala kekurangannya, untuk itu kritik dan saran dari pembaca sangat diperlukan demi perbaikan Makalah ini. Akhir kata, semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis dan terutama bagi unsur-unsur yang berkepentingan, terima kasih.


A.  Pendahuluan
·         Latar Belakang
Musik klasik merupakan istilah luas yang biasanya mengarah pada musik yang dibuat di atau berakar dari tradisi kesenian Barat, musik kristiani, dan musikorkestra, mencakup periode dari sekitar abad ke-9 hingga abad ke-21.(http://id.wikipedia.org/wiki/Musik_klasik)
Musik Klasik pada dasarnya bukan hanya sebatas nama dari salah satu aliran/jenis musik. Tapi juga istilah luas yang mengacu pada tiga periode musik yang sangat populer pada zaman itu di Eropa barat. Istilah “Klasik” sendiri diambil dari nama salah satu periode itu. Tiga periode musik yang dimaksud yaitu:
  1. Zaman Barok dan Rokoko (Abad 17)
  2. Zaman Klasik (Abad 18)
  3. Zaman Romantik (Pertengahan abad 18)
Pada abad-abad berikutnya musik klasik terus berkembang meskipun perkembangannya tidak secepat masa-masa sebelumnya.Perkembangan ini juga melahirkan musik Kontemporer Klasik pada abad 19 sampai abad 20.
Zaman Klasik atau Periode Klasik dalam sejarah musikBarat berlangsung selama sebagian besar abad ke-18 sampai dengan awal abad ke-19. Walaupun istilah musik klasik biasanya digunakan untuk menyebut semua jenis musik dalam tradisi ini, istilah tersebut juga digunakan untuk menyebut musik dari zaman tertentu ini dalam tradisi tersebut. Zaman ini biasanya diberi batas antara tahun 1750 dan 1820, namun dengan batasan tersebut terdapat tumpang tindih dengan zaman sebelum dan sesudahnya, sama seperti pada semua batasan zaman musik yang lain.
Musik klasik Eropa dibedakan dari bentuk musik non-Eropa dan musik populer terutama oleh sistem notasi musiknya, yang sudah digunakan sejak sekitar abad ke-16.Notasi musik barat digunakan oleh komponis untuk memberi petunjuk kepada pembawa musik mengenai tinggi nada, kecepatan, metrum, ritme individual, dan pembawaan tepat suatu karya musik.Hal ini membatasi adanya praktik-praktik seperti improvisasi dan ornamentasi ad libitum yang sering didengar pada musik non-Eropa (bandingkan dengan musik klasik India dan musik tradisional Jepang) maupun musik populer.
Sejak abad ke-2 dan abad ke-3 sebelum Masehi, di Tiongkok dan Mesir ada musik yang mempunyai bentuk tertentu.Dengan mendapat pengaruh dari Mesir dan Babilon, berkembanglah musik Hibrani yang dikemudian hari berkembang menjadi musik Gereja.
Musik itu kemudian disenangi oleh masyarakat, karena adanya pemain-pemain musik yang mengembara serta menyanyikan lagu yang dipakai pada upacara Gereja.Musik itu tersebar di seluruh Eropa kemudian tumbuh berkembang, dan musik instrumental maju dengan pesat setelah ada perbaikan pada alat-alat musik, misalnya biola dan cello.Kemudian timbulah alat musik Orgel.Komponis besar muncul di Jerman, Prancis, Italia, dan Rusia.Dalam abad ke 19, rasa kebangsaan mulai bangun dan berkembang.Oleh karena itu perkembangan musik pecah menurut kebangsaannya masing-masing, meskipun pada permulaannya sama-sama bergaya Romantik.Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.Mulai abad 20, Prancis menjadi pelopor dengan musik Impresionistis yang segera diganti dengan musik Ekspresionistis.(http://id.wikipedia.org/wiki/Musik_klasik)
Zaman Klasik (Musik)
(476 – 1450)
(1450 – 1600)
(1600 – 1750)
Zaman Klasik
(1740 – 1830)
(1815 – 1910)
(1900 – 2000)
(2001 – sekarang)
Zaman klasik berada di antara Zaman Barok dan Zaman Romantik. Beberapa komponis zaman klasik adalah Joseph Haydn, Muzio Clementi, Johann Ladislaus Dussek, Andrea Luchesi, Antonio Salieri dan Carl Philipp Emanuel Bach, walaupun mungkin komponis yang paling terkenal dari zaman ini adalah Wolfgang Amadeus Mozart dan Ludwig van Beethoven.


Ciri Musik Pada Zaman Klasik:
Bila dibandingkan dengan musik era Barok, musik era klasik lebih ringan, lebih mudah dan tidak membingungkan, serta mempunya tekstur yang jauh lebih jelas.Melodi yang dimainkan di era ini biasanya lebih pendek dari era Barok.Ukuran orkestra sangat berkembang baik dalam kuantitas maupun kualitas.Ciri-ciri dari musik zaman Klasik, antara lain:
  • Harmoni tiga nada atau lebih bunyi bersamaan (homofonik).
  • Kontras pada ritme.
  • Menggunakan peralihan dinamik dari lembut sampai keras atau (cressendo)dan dari keras menjadi lembut(decrssendo).
  • Perubahan-perubahan tempo dengan percepatan atau (accelerando) dan perlambatan(ritardando).
  • Hiasan / ornamentik diperhemat pemakaiannya.



B.  Franz Joseph Haydn
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/05/Joseph_Haydn.jpg/170px-Joseph_Haydn.jpg
Franz Joseph Haydn adalah salah seorang komponis yang paling berpengaruh dari Zaman Klasik yang dijuluki "Bapak Simfoni" atau "Bapak Kuartet Gesek"karena kontribusi penting untuk bentuk-bentuk ini.Dia juga berperan dalam pengembangan trio piano dan dalam evolusi bentuk sonata. Joseph Haydn lahir di Rohrau , sebuah desa kecil di Austria tidak jauh dari Hainburg dan meninggal di Wina – Austria pada tanggal 31 Mei 1809. Franz Joseph Haydn merupakan buah pernikahan antara pasangan Mathias Haydn dan Anna Maria Koller.(m. 1760 -1800).(http://en.wikipedia.org/wiki/Joseph_Haydn)

Kehidupan Awal

Ayah dari Haydn adalah Mathias Haydn , seorang tukang roda yang juga menjabat sebagai "Marktrichter", kantor mirip dengan walikota desa. Ibu Haydn Maria née Koller, sebelumnya bekerja sebagai juru masak di istana Count Harrach , bangsawan ketua Rohrau. Orang tua Haydn tidaklah bisa membaca musik, Namun Mathias adalah seorang musisi folk , yang selama periode harian karirnya telah belajar sendiri untuk memainkan kecapi . hayden muda sering berpura-pura bermain biola dengan menggunakan dua tongkat kayu, ia memegang satu di bawah dagu dan lainnya digunakan sebagai busur. Pada saat itu keluarganya hanya bisa bermimpi bisa memberinya pelajaran musik nyata. Menurut kenang-kenangan akhir Haydn, masa kecilnya merupakan masa yang sangat musikal dan mereka sering bernyanyi bersama dan dengan tetangga mereka. (Franz Joseph Haydn Oleh Eric Michael Summerer, Hal : 6  - 2006)

Orang tua Haydn telah memperhatikan bahwa anak mereka berbakat akan musik dan tahu bahwa di Rohrau ia akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pelatihan musik yang serius. Karena alasan inilah mereka menerima proposal dari relasi mereka Johann Matthias frankh, kepala sekolah dan pemimpin paduan suara di Hainburg , bahwa Haydn akan magang ke rumahnya Frankh untuk dilatih sebagai musisi. Oleh karena itu Haydn pergi dengan frankh ke Hainburg 12 kilometer jauhnya dan tidak pernah lagi tinggal bersama orang tuanya. Dia berusia sekitar enam tahun saat Haydn memulai pelatihan musik di sana, dan segera bisa bermain harpsichord dan biola .Orang-orang dari Hainburg mendengar dia menyanyi dibagian treble di gereja paduan suara .
Ada alasan untuk berpikir bahwa Haydn membuat terkesan orang-orang yang mendengarnya, pada tahun 1739 dia mendapat perhatian dari Georg von Reutter , direktur musik di St Katedral Stephen di Wina, yang kebetulan sedang mengunjungi Hainburg dan sedang mencari choirboys baru. Haydn berhasil mengikuti audisi dengan Reutter, dan setelah beberapa bulan pelatihan lebih lanjut, Haydn pindah ke Wina (1740), di mana ia bekerja selama sembilan tahun ke depan sebagai anggota paduan suara.
Haydn tinggal di Kapellhaus sebelah Katedral, bersama dengan Reutter, keluarga Reutter, dan empat choirboys lainnya, setelah tahun 1745 termasuk adiknya Michael. The choirboys diajarkan mata pelajaran Latin dan mata pelajaran lainnya serta suara, biola, dan keyboard. Reutter sedikit membantu untuk Haydn di bidang teori musik dan komposisi, memberinya hanya dua pelajaran dalam seluruh waktunya sebagai anggota paduan suara. Namun, sejak St Stephen adalah salah satu pusat musik terkemuka di Eropa, Haydn belajar banyak sebagai musisi profesionaldi sana.


(Franz Joseph Haydn - The Story of the Choir Boy who became a Great Composer by Thomas Tapper, Hal : 3, 2010)
Perjuangan Sebagai Freelancer
Pada 1749, Haydn telah jatuh tempo secara fisik ke titik bahwa, ia tidak lagi mampu menyanyikan bagian paduan suara tinggi. Ratu MariaTheresa sendiri mengeluh kepada Reutter, dan menyebutnya "berkokok". Haydn kemudian dipecat dan dikirim ke jalanan dan tanpa rumah. Dia memiliki nasib baik dan bertemu seorang teman Johann Michael Spangler.  Johann Michael Spangler mau berbagi ruang loteng keluarganya dengan Haydn selama beberapa bulan. Haydn segera mulai mengejar karier sebagai musisi freelance.
Selama waktu yang sulit ini, Haydn bekerja di banyak pekerjaan yang berbeda: sebagai guru musik, sebagai Serenader jalan, dan akhirnya, tahun 1752, sebagai pelayan pengiring untuk komposer Italia Nicola Porpora. Dia juga sempat dipekerjakan di Count Friedrich Wilhelmvon Haugwitz, bermain organdi kapel Bohemiankanselirdi Judenplatz. Keterampilan Hayden mulai meningkat, Haydn mulai memperoleh reputasi publik, pertama sebagai komposer opera, Der KrummeTeufel, " The Limping Devil", ditulis untuk aktor komik Johann Joseph Felix Kurz, yang nama panggung "Bernardon".
Dengan peningkatan reputasinya, Haydn akhirnya memperoleh patronase aristokrat, penting bagi karir seorang komposer pada zamannya. Countess Thun, setelah melihat salah satu komposisi Haydn, memanggilnya dan melibatkan dia sebagai penyanyi dan guru Keyboard. Pada tahun 1756, Baron Carl Josef Fürnberg mempekerjakan Haydn di tanah miliknya, Weinzierl, di mana komposer pertama yang menulis kuartet string. Fürnberg kemudian merekomendasikan Haydn untuk Count Morzin , yang, pada tahun 1757,  menjadi pekerjaan pertama penuh waktunya.(Franz Joseph Haydn - The Story of the Choir Boy who became a Great Composer by Thomas Tapper, Hal : 4, 2010)

Tahun-tahun sebagai dirigen

Jabatan Haydn di bawah Count Morzin adalah dirigen , yaitu, music director. Dia memimpin orkestra kecil dan menulis simfoni pertamanya untuk ensemble ini. Pada tahun 1760, dengan keamanan posisi sebagai dirigen, Haydn menikah, istrinya adalah mantan Maria Anna Aloysia Apollonia Keller (1729-1800), adik dari Therese .Haydn dan istrinya memiliki pernikahan yang benar-benar bahagia.
Count Morzin segera mengalami kemunduran keuangan yang memaksanya untuk memberhentikan musical establishmentnya, tapi Haydn dengan cepat ditawari pekerjaan yang sama (1761) oleh Pangeran Paul Anton , orang yang sangat kaya keluarga Esterházy .Jabatan Haydn adalah hanya Wakil dirigen, tapi ia langsung ditempatkan bertugas dengan sebagian besar pendiri musik Esterházy, dengan dirigen tua, Gregor Werner, yang mempertahankan wewenang hanya untuk musik gereja. Ketika Werner meninggal pada tahun 1766, Haydn diangkat menjadi dirigen penuh. Haydn ini dikenal sebagai Sturm und Drang (kuat, bergairah, ekspresif), dan biasa di sebut dengan sebutan “Papa Hayden”. (http://www.artsalive.ca/en/mus/greatcomposers/haydn.html).
Selama hampir tiga puluh tahun Haydn bekerja di Esterházy court, ia menghasilkan banyak komposisi, dan gaya musiknya terus berkembang. Tahun 1779 kontrak Haydn dirundingkan, padahal sebelumnya semua komposisi nya adalah milik keluarga Esterházy, dia sekarang diizinkan untuk menulis untuk orang lain dan menjual karyanya ke penerbit. Haydn segera menggeser penekanannya dalam komposisi untuk mencerminkan ini (opera lebih sedikit, dan lebih kuartet dan simfoni) dan dia melakukan negosiasi dengan beberapa penerbit, baik Austria dan asing. Kontrak kerja baru Haydn Jones menulis,
"This single document acted as a catalyst in the next stage in Haydn's career, the achievement of international popularity. By 1790 Haydn was in the paradoxical, if not bizarre, position of being Europe's leading composer, but someone who spent his time as a duty-bound Kapellmeister in a remote palace in the Hungarian countryside."

Kampanye publikasi baru menghasilkan komposisi sejumlah besar kuartet string baru (set enam kuartet Op. 33 , 50, 54/55, dan 64).Haydn juga menanggapi komisi dari luar negeri: Paris simfoni (1785-1786) dan versi orkestra asli dari The Seven Last Words of Christ (1786), sebuah komisi dari Cadiz , Spanyol. (http://en.wikipedia.org/wiki/Joseph_Haydn).

London
Ketika Haydn berusia 58 tahun, ia memutuskan untuk lebih banyak belajar lagi. Dia pindah ke London, Inggris. Dia ingin bekerja dengan London's large, orkestra terlatih. Di London, Joseph mendengar musik Handel dan terinspirasi untuk fokus pada musik vokal juga. Haydn telah sukses besar di Inggris! Aristokrasi Inggris mebanjiri gedung konser nya. Mereka datang untuk mendengarkan karya komposer besar Austria itu. (http://www.biography.com/people/franz-joseph-haydn-9332156)

Tahun Terakhir

Haydn kembali ke Wina pada tahun 1795. Pangeran Anton telah meninggal, dan penggantinya Nikolaus II mengusulkan bahwa pembentukan musik Esterházy untuk dihidupkan kembali dengan Haydn menjabat lagi sebagai dirigen. Haydn mengambil posisi itu meskipun hanya secara paruh waktu. Ia menghabiskan musim panas dengan Esterházys di Eisenstadt, dan selama beberapa tahun Haydn menulis enam masses untuk mereka. Tapi saat ini Haydn telah menjadi public figure di Wina. Dia menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah sendiri, sebuah rumah besar di pinggiran Windmühle, dan menulis karya-karya untuk penampilan publik. Bekerja sama dengan penyanyi dan mentor Gottfried van Swieten, dan dengan dana dari van Swieten Gesellschaft der Associierten, Haydn memiliki dua oratorios yang besar The Creation (1798) dan The Seasons (1801). Keduanya menarik antusias public. Karyanya  diterima dan sering muncul di hadapan publik, seringkali pertunjukan terkemuka seperti The Creation dimanfaat untuk penggalaan dana untuk amal. Ia juga membuat musik instrumental: The Populer Trumpet Concerto dan terakhir sembilan seri panjang string kuartet, termasuk the Fifths, Emperor, dan Sunrise quartets.

Enam tahun kemudian, pada tahun 1809, Kaisar Prancis, Napoleon, menyerang Austria. Meskipun pinggiran Wina dibombardir selama 24 jam, Haydn menolak untuk meninggalkan rumahnya. Kemudian Napoleon menempatkan penjaga kehormatan di sekitar rumah Haydn. Dia meninggal dalam tidurnya, saat dia berusia 77 tahun. Seluruh dunia berbudaya Wina datang ke pemakaman Franz Joseph Haydn untuk mengucapkan selamat tinggal. Haydn telah menciptakan 107 simfoni serta sejumlah besar karya-karya lainnya dan dianggap sebagai bapak string quartet atau komposisi untuk empat alat musik gesek. (http://www.biography.com/people/franz-joseph-haydn-9332156)



C.  Franz Joseph Haydn - String Quartet in E flat, Op. 33, no. 2 ‘The Joke’ Movement IV

Latar Belakang Karya

Karya Haydn yang ber judul String Quartet in E flat, Op. 33, No. 2 “The Joke” ini dibuat pada tahun 1781, ketika Haydn berumur sekitar 49 tahun. Karya ini juga yang paling sering dikenal sebagai "Rusian kuartet” atau “Grand Duke of Russia”. Karya ini diterbitkan pada tahun 1782, ketika Haydn berumur sekitar 50 tahun.

Dia membuat karya ini saat dia dipekerjakan oleh Pangeran Paul Esterháza sebagai wakil dirigen di Eisenstadt, Hongaria.  Keanggunan kuartet ini sangat mencerminkan keadaan tempat yang tenang di mana saat itu dia berada . itu adalah sebuah karya yang sangat menggugah. Harmoni sederhana dan agak mendasar, garis melodi elegan dan tekstur yang jelas bergabung yang membuat karya ini menarik.  Mungkin satu sisi yang dapat memvisualisasikan dasar istana dari istana Esterházy.

Analisis Karya
Movement IV, “The Joke”

1.    Instrument
Intrument yang digunakan dalam membuat karya ini antara lain  :
·         2 buah Violin
·         1 buah Viola dan
·         1 buah Cello

2.    Ritme
·         Menggunakan Tonalitas G pada Kedua Instrument Violin
·         Menggunkan Tonalitas C pada Instrument Viola
·         Menggunakan Tonalitas F pada instrument Cello
·         Menggunakan Birama 6/8


3.    Tempo
·         Menngunakan Tempo Allegro – 120 BPM dan tempo tidak berubah dari awal hingga akhir lagu
·         Dinamika lagu secara keseluruhan termasuk dalam M.P (Mezzo Piano) : Agak Lembut

4.     Bunyi
Bunyi yang terdapat dalam lagu merupakan bunyi yang di hasilkan oleh instrument quartet yang terdiri dari 2 buah Violin, 1 buah Viola dan 1 buah Cello tanpa penambahan efek lain yang merupakan bunyi murni yang keluar dari instrument. Dan music ini termasuk dalam kategori music Homophonic.


5.    Bentuk dan Urutan Musik
·         Bagian awal lagu adalah seksi A yang juga merupakan sebuah tema yang terdiri dari bar 1 – 9.


Bagian awal yang terdiri dari bar 1 - 3 memiliki motif tematik yang dimainkan pada tangga nada Eb. Progresi harmoni kedua violin, viola dan cello adalah I(Eb) – V(Bb7) – I(Eb). Pada bagian ini viola dan cello tidaklah menonjol dan hampir tidak memiliki kepentingan melodi. Viola dan cello murni berfungsi sebagai nada harmoni dan sebagai pengiring melodi dari violin. Pada bar 4 - 5 terlihat seperti frase jawab dari bar sebelumnya, Jawaban ini didasarkan pada kunci Bb7. Dan terdapat tanda istirahat pada instrument Cello, mungkin untuk membuat tekstur yang lebih ringan. Pada bar berikutnya motif berkembang menjadi frase berakhir yang diakhir dengan Clasical kadens ii – V – I. Bentuk pada bagian ini berulang atau mengalami repetisi sebanyak 2 kali sebelum masuk pada bagian berikut nya.

·         Bagian ini bisa diebut sebagai Seksi B. Seksi ini merupakan pengembangan motif dari seksi A, yang terdiri dari bar 18 – 25.  
  

Pada seksi kali ini viola dan cello memainkan sustain sepanjang empat ketuk hanya dalam beberapa bar tertentu.

·         Bagian ini bisa disebut sebagai bridge atau Seksi C.


Pada seksi kali ini violin 1 lebih ditonjolkan, sementara instrument lain seperti violin2, viola dan cello hanya memblock sebagai pengiring. Violin 1 memainkan melodi dengan banyak menggunakan not-not 1/16 dengan pola ascending dan di akhir bar semua instrument menahan sustain hingga 4 ketuk. Periode ini (A - B - C) mengalami pengulangan atau repetisi sebanyak 2 kali hingga akhirnya masuk ke bagian refrain.

·         Bagian ini merupakan bagian refrain dan bisa disebut sebagai Seksi D yang di mulai dari bar ke 78 - 107. Adapun contoh polanya adalah sebagai berikut :  


Pola berubah saat memasuki bar ke 94, violin lebih banyak menggunakan not-not 1/16


Tapi seperti yang sebelumnya, peran viola dan cello tidaklah terlalu menonjol. Viola dan cello hanya berfungsi sebagai pengiring. Tapi saat mulai memasuki bar ke 148 – 156, Violin 1 hanya membuat nada ritmik yang berjalan di tangga nada Eb dengan banyak menggunakan not-not 1/8 dan menggunakan not-not 1/16 dari bar 157 – 168.


·         Pada seksi kali ini hayden menggunakan melodi yang bagi saya cukup aneh dan sedikit keluar dari jalur dengan menyisipkan 3 bar seksi frase sebagai bridge di tengah repetisi seksi A menuju coda. Seksi ini bisa disebut sebagai seksi E. Adapun contoh pola nya adalah sebagai berikut :


Violin 1 satu terlihat memainkan melodi dengan banyak menggunakan not-not 1/8 dan 1/16, sementara 3 instrument lainya hanya mengikuti melodi violin pada saat bar pertama dimulai yaitu bar 185 dan setelah itu kembali mengiringi nada melodi violin 1 kembali.

·         Pada seksi terakhir ini adalah bagian coda, yang menurut saya merupakan repetisi dari seksi yang, hanya saja diberi waktu istirahat pada bagian-bagian tertentu, sehingga menghasilkan kesan meledek atau bercanda seperti hal nya sebutan untuk judul karya hayden ini yaitu “The Joke”. Adapun contoh pola nya adalah sebagai berikut :


6.    Form Struktur Musik
·         Struktur music terdiri dari 5 seksi yaitu A-B-C-D-dan E
·         Pola Struktur A-B-A-B-C-D-A-B-C-E-A¹
·         Menggunakan Tangga Nada 3b (Eb)
·         Menggunakan Progresi Akord I V I
·         Banyak menggunakan Not 1/16, 1/8 dan 1/4
·         Terdiri kurang lebih 208 bar
·         Berdurasi 03.11 menit


D.   Kesimpulan
Berdasarakan analisis yang saya lakukan, secara keseluruhan music yang sering disebut “The Joke” karaya Franz Joseph Haydn adalh music indah, easy listening dan bernuansa gembira seperti halnya saya membayang sedang berjalan-jalan mengitari sebuah isatana kerajaan. Bagi saya music ini tidak terdengar seperti “The Joke”. Jika dilhat melalui sudut pandang music, karya ini sangatlah identik dengan music jaman klasik, hiasan / ornamentik dalam music tidak lah banyak .


Penutup
Sekiranya cukup sekian yang bias saya paparkan dalam materi mengenai karya music yang berjudul “String Quartet In E Flat, Op. 33, No. 2 ‘The Joke’ Movement IV ciptaan Franz Joseph Haydn”. Tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya. Saya berharap pembaca dapat memberikan kritik dan saran untuk lebih menyempurnaan makalah-makalah yang saya buat dikemudian hari nanti. Semoga makalah ini berguna bagi pembaca dan juga saya. Akhir kata saya ucapkan terima kasih banyak.


E.    Daftar Pustaka

·         Franz Joseph Haydn Oleh Eric Michael Summerer, 2006
·         Franz Joseph Haydn - The Story of the Choir Boy who became a Great Composer by Thomas Tapper, 2010